BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Salah satu
organisasi sosial keagamaan terbesar dan terpenting yang ada di Indonesia
adalah Muhammadiyah yang didirikan oleh KH. Ahmad Dahlan pada tanggal 8
Dzulhijjah 1330 H bertepatan dengan tanggal 18 November 1912M di Yogyakarta.
Muhammadiyah didirikan dengan tujuan “menegakkan dan menjunjung tinggi ajaran
Islam sehingga terwujud masyarakat Islam yang sebenar-benarnya”.
Dalam
sejarah perkembangan kehidupan manusia, pendidikan telah menjadi semacam
teknologi yang memproduksi manusia masa depan paling efektif. Dari fenomena
perkembangan yang terakhir, memberikan petunjuk bahwa pendidikan bukan saja
menjadi alat suatu lembaga atau suatu masa dalam berbagai proyeksi berbagai
macam tujuan mereka, pendidikan bahkan telah menjadi kebutuhan manusia sendiri
secara masal, karenanya pendidikan yang diterima oleh manusia hendaknya
pendidikan yang seimbang antara pendidikan lahir dan batin, antara pendidikan
dunia dan akhirat, sehingga manusia dalam memperoleh pendidikan tersebut
memiliki keseimbangan dalam mengelola kehidupannya untuk dapat mencapai tujuan
yang ideal yakni “fi al-dunya hasanatan wa fi al-akhirati hasanatan”.
Tujuan ideal inilah yang digagas oleh KH. Ahmad Dahlan dalam hal perjuangan di
bidang pendidikan yang menjadi warna pendidikan Muhammadiyah.
Didalam
Al-Qur’an dijelaskan bahwa alam dunia ini akan rusak disebabkan oleh tangan
orang-orang yang munafiq. Mereka sangat seraka dalam mengeksploitasi kekayaan
alam, mereka tidak mempedulikan tentang akibatnya. Sekarang sudah banyak
kerusakan di darat, di laut dan di udara. Akibatnya banyak bencana yang terjadi
sana-sini, seperti banjir, gempa, gunung meletus, angin puting beliung, dan ada
lagi yang sangat mengkhawatirkan yaitu issu akan terjadinya pemanasan global.
Untuk
memperoleh gambaran yang lebih luas dan komperensif, makalah ini akan
mengemukakan tentang “Metodologi Penelitian
Pendidikan”.
1.2
RUMUSAN MASALAH
a. Bagaimana
Pendidikan Kemuhammadiyahan dan Kepedulian Lingkungan ?
b. Bagaimana
Kepedulian Lingkungan Menurut Muhammadiyah ?
c. Bagaimana
Cara Menjaga Agar Lingkunganku Sehat ?
d. Bagaimana
Lingkungan Sehat Dan Lingkungan Tidak
Sehat ?
1.3
TUJUAN PENULISAN
a. Untuk
Mengetahui Pendidikan Kemuhammadiyahan dan Kepedulian Lingkungan.
b. Untuk
Mengetahui Kepedulian Lingkungan Menurut Muhammadiyah.
c. Untuk
Mengetahui Cara Menjaga Agar Lingkunganku Sehat.
d. Untuk
Mengetahui Lingkungan Sehat Dan Lingkungan
Tidak Sehat.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pendidikan
Kemuhammadiyahan dan Kepedulian Lingkungan
A. Hakikat
Pendidikan Kemuhammadiyahan
Pendidikan
Kemuhammadiyahan adalah kegiatan pembelajaran mengenai hakikat, visi dan misi
pergerakan Muhammadiyah dalam seluruh aspeknya dengan menumbuhkan nilai-nilai
dan sikap hidup Islam sesuai Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah Nabi Muhammad SAW.
B. Maksud
dan Tujuan Pendidikan Kemuhammadiyahan
Maksud:
Memberi
pengetahuan kepada siswa sekolah Muhammadiyah tentang organisasi Muhammadiyah
sebagai gerakan Islam dan gerakan dakwah AMNM sesuai dengan Qur’an dan Sunnah.
Tujuan:
•
Membentuk manusia
muslim berakhlak mulia, cakap, percaya diri, berguna bagi masyarakat bangsa dan
negara.
•
Menumbuhkan motivasi
dalam diri siswa untuk menjadi kader Muhammadiyah.
C. Ruang
Lingkup Pendidikan Kemuhammadiyahan
1. Sejarah,
Kepribadian, Keyakinan dan Cita-cita Hidup
Maksudnya agar
siswa mengetahui latar belakang berdirinya, sejarah perkembangannya, serta
perjalanan dari masa ke masa Muhammadiyah.
2. Organisasi
Agar siswa
mengetahui bahwa Muhammadiyah adalah sebuah organisasi Islam yang berdakwah
AMNM berdasarkan Qur’an dan Sunah. Sehingga gerakan, amal dan usahanya berjalan
secara terprogram dan terencana (terorganisir).
3. Amal
Usaha
Muhammadiyah
mendirikan Amal Usaha diberbagai bidang untuk mencapai tujuan organisasi.
4. Peranan
Peranan yang
dilakukan oleh setiap anggota Muhammadiyah
harus berdasarkan kesadaran akan kewajiban beribadah kepada Allah SWT. Yaitu
berbuat Ihsan (kebaikan) dan Islah (perbaikan) kepada masyarakat
dengan ikhlas.
5. Praktek
Berorganisasi
Memberikan lahan
latihan berorganisasi bagi siswa melalui IPM (Ikatan Pelajar Muhammadiyah)
sebagai satu-satunya organisasi siswa intra sekolah yang ada di sekolah
Muhammadiyah.
D. Fungsi
Lembaga Pendidikan Muhammadiyah
Lembaga
Pendidikan Muhammadiyah berfungsi sebagai :
1.
Media Dakwah
2.
Tempat Perkaderan
3.
Wadah Pengabdian dan
Amal Shaleh
4.
Wujud Syukur
Bermasyarakat dan Berbangsa
5.
Sumbangsih dan Dharma
Bakti kepada Negara
E. Sekilas
Pandang
Muhammadiyah
adalah;
Sebuah gerakan
Islam, berdakwah Amar Ma’ruf Nahi Munkar yang didirikan oleh KH. Ahmad Dahlan
pada 18 Nopember 1912 M atau 8 Dzulhijah 1330 H di Jogjakarta.
Tujuan
Muhammadiyah;
Menegakkan dan
menjunjung tinggi agama Islam, sehingga terwujud Masyarakat Utama (Madani) yang
diridhoi Allah SWT.
Perhatian Utama
Muhammadiyah;
1.
Bidang Pendidikan
2.
Bidang Sosial
2.2 Kepedulian
Lingkungan Menurut Muhammadiyah
1. Lingkungan
hidup sebagai alam sekitar dengan segala isi yang terkandung di dalamnya merupakan
ciptaan dan anugerah Allah yang harus diolah / dimakmurkan, dipelihara, dan tidak
boleh dirusak.
2. Setiap
muslim khususnya warga Muhammadiyah berkewajiban untuk melakukan konservasi
sumber daya alam dan ekosistemnya sehingga terpelihara proses ekologis yang
menjadi penyangga kelangsungan hidup, terpeliharanya keanekaragaman sumber
genetik dan berbagai tipe ekosistemnya dan terkendali cara-cara pengelolaan
sumber daya alam sehingga terpelihara kelangsungan dan kelestariannya demi
keselamatan, kebagahagiaan, kesejahteraan, dan kelangsungan hidup manusia dan
keseimbangan sistem kehidupan di alam raya ini.
3. Setiap
muslim khususnya warga Muhammadiyah dilarang malakukan usaha-usaha dan tindakan-tindakan yang menyebabkan kerusakan lingkungan
alam termasuk kehidupan hayati seperti
binatang, pepohonan, maupun lingkunagn fisik dan biotik termasuk air laut, udara,
sungai, dan sebagainya yang menyebabkan kehilangan kesimbangan ekosistem dan timbulnya
bencana dalam kehidupan.
4. Memasyarakatkan
dan mempraktikkan budaya bersih, sehat, dan indah lingkunagn disertai
kebersihan fisik dan jasmani yang menunjukkan keimanan dan kesalihan.
5. Melakukan
tindakan-tindakan amar makruf dan nahi munkar dalam menghadapi kezaliman, keserakahan, dan rekayasa serta kebijakan-kebijakan yang
mengarah, mempengaruhi, dan menyebabkan
kerusakan lingkungan dan tereksploitasinya sumber-sumber daya alam yang menimbulkan
kehancuran, kerusakan, dan ketidakadilan dalam kehidupan.
6. Melakukan kerja sama-kerja sama dan aksi-aksi praksis
dengan berbagai pihak baik perseorangan maupun
kolektif untuk terpeliharanya keseimbangan, kelestarian, dan keselamatan
lingkungan hidup serta terhindarnya kerusakan-kerusakan lingkungan hidup
sebagai wujud dari sikap pengabdian dan kekhalifahan dalam mengemban misi kehidupan
di muka bumi ini untuk keselamatan hidup di dunia dan akhirat.
2.3 Cara
Menjaga Agar Lingkunganku Sehat
A. Cara
Menjaga Kebersihan Rumah
1. Menyapu
lantai dan halaman
2. Mengepel
lantai
3. Membersihkan
selokan
4. Membuang
sampah pada tempatnya
B. Cara
Menjaga Kebersihan Kelas
1. Menyapu
lantai
2. Membersihkan
bangku dan papan tulis
3. Membuang
sampah pada tempatnya
C. Tanaman
di Lingkungan
1. Harus
disiram dan dipupuk
2. Dipangkas
agar rapih
D. Bila
Memiliki Hewan Piaraan
1. Harus
diberi makan
2. Harus
dirawat dan disayang
3. Kandangnya
dibersihkan
2.4 Lingkungan
Sehat Dan Lingkungan Tidak Sehat
A. Perbedaan
Antara Lingkungan Sehat Dan Lingkungan
Tidak Sehat
1. Lingkungan
Sehat
Lingkungan
sehat adalah lingkungan yang bersih yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
a. Udara
bersih dan segar.
b. Tanah
yang subur.
c. Sumber
air yang bersih.
d. Air
sungai yang mengalir terlihat bersih dan jernih.
e. Sampah
tidak berserakan.
f. Banyak
tumbuhan hijau yang tumbuh dengan subur.
2. Lingkungan
Tidak Sehat
Lingkungan
tidak sehat adalah lingkungan yang tidak memenuhi syarat kesehatan yang
mengakibatkan berjangkitnya berbagai penyakit, bau yang tidak sedap dan
pemandangan yang buruk.
a. Udara
kotor karena banyak debu dan asap.
b. Sampah
banyak bertebaran.
c. Sumber
air tidak bersih.
d. Saluran
air tidak lancar sehingga air menggenang.
e. Tumbuhan
tidak bisa tumbuh dengan subur sehingga lingkungan menjadi gersang.
Agar terwujud rumah yang sehat,
maka lokasinya harus benar-benar diperhatikan yang memiliki fasilitas-fasilitas
yang sesuai dengan syarat-syarat rumah sehat, antara lain, adanya fasilitas air
minum, pengaliran air limbah, tempat pembuangan sampah yang memadai dan
penerangan yang cukup.
Jadi, hal-hal yang harus
diperhatikan agar kebersihan dan kesehatan masyarakat dapat tercipta dengan
baik, antara lain:
a. Mendirikan
perumahan sederhana dan sehat yang harganya terjangkau oleh masyarakat.
b. Pembasmian
hewan-hewan yang dapat menyebarkan bibit penyakit seperti lalat dan nyamuk.
c. Penghijauan
disekitar perumahan agar udara selalu bersih dan segar.
d. Pengawasan
terhadap polusi udara, air dan tanah.
e. Pengawasan
terhadap bahaya radiasi dan sisa-sisa unsure radioaktif.
Adapun
usaha-usaha yang dilakukan untuk menangulangi polusi lingkungan, antara lain:
a. Setiap
pabrik diharuskan mempunyai sarana penyaringan udara agar udara lingkungan
tidak tercemar.
b. Setiap
pabrik harus mempunyai bak penampungan limbah cair dan mempunyai sarana daur
ulang limbah tersebut.
c. Menjaga
agar daerah perumahan dengan daerah industry memiliki jarak yang cukup jauh.
d. Air
limbah industry diolah kembali, baik secara biologis maupun nonbiologis,
seperti sedimentasi dan filtrasi.
B. Penyebab
Pencemaran Lingkungan
1. Pencemaran
Udara
Disebabkan oleh
asap pabrik, asap kendaraan bermotor, pembakaran sampah, kebakaran hutan dan
sebagainya.
2. Pencemaran
Air
Disebabkan oleh
adanya pembuangan limbah rumah tangga dan limbah pabrik ke dalam lingkungan.
3. Pencemaran
Tanah
Sampah
seharusnya dibuang dilokasi sampah yang semestinya yang akan diolah menjadi
zat-zat yang tidak berbahaya bagi lingkungan. Sampah dibagi menjadi dua yaitu
sampah orgaik dan sampah anorganik. Sampah organik adalah sampah yang berasal
dari makhluk hidup, seperti daun-daun, sisa-sisa makanan dan sebagainya
sedangkan sampah anorganik adalah sampah yang berasal daro benda tak hidup
seperti kaleng, botol, plastik dan sebagainya.
4. Pencemaran
Suara
Kemajuan
teknlogi manusia selain menghasilkan kemakmuran juga menimbulkan berbagai
pencemaran. Pencemaran suara timbul karena adanya kemajuan teknologi, seperti
pencemaran suara di Kota umumnya disebabkan oleh banyaknya kendaraan bermotor.
C. Pengaruh
Pencemaran Lingkungan terhadap Kesehatan
1. Pengaruh
Pencemaran Udara terhadap Kesehatan
a. Udara
kotor mengandung zat-zat kimia, debu dan bibit penyakit. Beberapa macam
penyakit disebabkan oleh pencemaran udara, antara lain sesak napas, asma dan
bahkan menyebabkan kanker.
b. Debu
yang berterbangan dapat masuk ke dalam mata menjadi merah dan mengganggu
penglihatan, agar tidak terkena debu sebaiknya memakai kacamata jalan dan
mencuci muka setelai sampai di tempat tujuan.
c. Jika
debu menempel pada kulit yang mengakibatkan kulit akan terasa gatal dan
bersisik, usahakan mandi secara teratur setiap hari agar kulit menjadi bersih
dan sehat.
2. Pengaruh
Pencemaran Air terhadap Kesehatan
Air
yang tercemar mengandung bibit-bibit penyakit dan zat-zat kimia beracun.
Beberapa macam penyakit disebabkan oleh pencemaran air, antara lain diare,
muntaber, gatal-gatal dan berbagai penyakit kulit lainnya.
Sebaiknya
gunakan air yang bersih dan sehat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, antara
lain air bersih, tidak berasa, tidak berbau, tidak berwarna (jernih) dan tidak
mengandung bibt penyakit.
3. Pengaruh
Pencemaran Tanah terhadap Kesehatan
Tanah
dapat menjadi tandus jika terus-menerus terkena pencemaran. Tanah yang tercemar
akan berkurang kesuburannya dan terdapat zat-zat yang terserap oleh tumbuhan
yang kemudian tumbuhan itu akan dimakan oleh manusia dan hewan yang berakibat
zat tersebut akan berpindah ke dalam tubuh manusia dan hewan.
4. Pengaruh
Pencemaran Suara terhadap Kesehatan
Pengaruh
polusi suara, antara lain mudah terkejut, cepat marah, tertekan, daya
pendengaran berkurang dan sebagainya. Adapun yang perlu dilakukan agar tidak
terkena pengaruh polusi, antara lain:
a. Sebaiknya
jangan membangun rumah di tepi jalan raya yang dilalui banyak kendaraan
bermotor.
b. Memakai
penutup telinga saat berada dilingkungan yang sangat bising.
D. Cara
Menjaga Kesehatan Lingkungan
Adapun caranya
yang dapat dilakukan, antara lain:
1. Membuang
sampah ke tempat sampah.
2. Mengolah
limbah sebelum di buang ke lingkungan.
3. Membersihkan
lingkungan secara teratur.
4. Menanam
tanaman di sekitar rumah dan lahan kosong dengan tanaman yang bermanfaat.
5. Mengalirkan
air yang tergenang melalui saluran air.
6. Menciptaka
rumah yang sehat yaitu rumah yang memiliki lubang angina tau ventilasi udara.
7. Tidak
membakar sampah di sembarang tempat.
8. Tidak
memetik bunga, tidak mematahkan dahan dan tidak meneban pohon secara
sembarangan.
Peta Konsep
Upaya melestarikan Terjadi karena
Terdiri
atas
BAB IV
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
Muhammadiyah
sebagai organisasi Islam sejak awal berdiri memiliki komitmen yang teguh dalam
mencerdaskan kehidupan bangsa melalui jalur pendidikan, hingga saat ini lembaga
pendidikan yang dimiliki Muhammadiyah terus berkembang dan bertambah baik
secara kuantitas maupun kualitas, walaupun di sisi lain tidak dapat dipungkiri
ada lembaga pendidikan Muhammadiyah yang mengalami keterpurukan bahkan ada yang
tutup, hal ini merupakan dinamika lembaga pendidikan yang dimiliki oleh
Muhammadiyah.
Masyarakat Islam yang
sebenar - benarnya yang menjadi tujuan
dan cita cita perjuangan Muhammadiyah itu dinyatakan dalam
muqaddimah Anggaran Dasar Muhammadiyah masyarakat yang sejeterah, aman, damai, makmur, dan bahagia yang diwujudkan di atas keadilan, kejujuran dan gotong royong dengan bersandinganhukum
Allah yang sebenar - sebanarya, lepas dari pengaruh syaitan dan hawa nafsu.
3.2
Saran
Manusia sebagai makhluk sempurna
yang dikaruniai akal oleh Tuhan sudah seharusnya menggunakan akal mereka untuk
segala sesuatu yang baik bagi dirinya dan juga orang lain. Termasuk memelihra
tanaman atau pohon demi kelestarian lingkungan hidup mereka. Selain itu kita
juga tidak boleh menelantarkan lahan karena lahan tersebut dapat dimanfaatkan
untuk sesuatu yang baik.
DAFTAR PUSTAKA
Purwanti, Sri. (2008). Ilmu Pengetahuan Alam 1 Untuk SD/MI Kelas 1.
Jakarta: PT.Hafamira.
Priyono. (2008). Ilmu Pengetahuan Alam 3. Jakarta:
CV.Pelajar Pantai Utara.
_______.
(2007). Pedoman hidup islami Warga muhammadiyah. [Online].
Tersedia: http://www.geocities.com/tarjikh/index.htm.[2
Januari 2013]
LAMPIRAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar