RENCANA PELKSANAAN
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SD Negeri Krangampel Kidul IV
Tema : Lingkungan
Kelas / Semester : 3 (Tiga) / 1 (Satu)
Alokasi Waktu : 6 x 35 Menit
I.
STANDAR KOMPETENSI
Mendengarkan
1.0
Memahami penjelasan
tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan.
1.1.
Mengomentari
tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan.
Berbicara
2.0. Mengungkapkan
pikiran, perasaan, pengalaman dan petunjuk dengan menggunakan bercerita dan
memberikan tanggapan saran.
2.1. Menceritakan
pengalaman yang ,mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah
dipahami.
Membaca
3.0. Memahami teks
dengan membaca nyaring, membaca instensif dan membaca dongeng.
3.3. Menceritakan isi
dongeng yang dibaca.
Menulis
4.0. Mengungkapkan
pikiran, perasaan dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi.
4.1. Menyusun paragraph
berdasarkan bahan yang tersedia dengan penggunaan ejaan.
II.
KOMPETENSI DASAR
Mendengarkan
o
Melakukan sesuatu
berdasarkan penjelasan yang akan disampaikan secara lisan.
Membaca
o
Mengomentari tokoh-tokoh
cerita anak-anak yang ditertera pada buku pelajaran.
Menulis
o
Menyusun kalimat
berdasarkan kata yang disampaikan oleh guru.
Berbicara
o
Menceritakan pengalaman
yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
III.
INDIKATOR
o
Siswa dapat menyebutkan
tokoh-tokoh cerita.
o
Siswa dapat menjelaskan
sifat-sifat tokoh cerita.
o
Siswa dapat menjawab
pertanyaan tentang isi cerita.
o
Siswa dapat
menceritakan kembali cerita yang didengar.
o
Siswa dapat
menceritakan pengalaman yang pernah dialami dan dapat membedakan antara
lingkungan alami dan buatan
o
Siswa dapat menuliskan
kalimat berdasarkan kata yang akan disebutkan guru.
IV.
TUJUAN
o
Siswa dapat
mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang dibacakan secara lisan dengan tepat.
o
Siswa dapat
menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan kalimat yang runtut dan mudah
dipahami secara bergantian di depan kelas.
o
Siswa dapat menuliskan
kalimat yang tepat sesuai dengan contoh kata yang disampaikan guru di depan
kelas.
o
Siswa dapat
menceritakan lingkungan alami dan buatan secara tepat melalui pengalaman
sehari-hari.
V.
MATERI AJAR
o
Cerita Anak
o
Buku Bahasa Indonesia
o
Lingkungan
VI.
METODE PEMBELAJARAN
o
Tanya Jawab
o
Tugas
o
Diskusi
VII.
ALOKASI WAKTU
6
x 35 Menit
VIII.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
No
|
Langkah-Langkah
Pembelajaran
|
Pengorganisasian
|
Nilai
Pendikar yang dikembangkan
|
|
Siswa
|
Waktu
|
|||
A.
|
Pendahuluan
§ Mengkoordinasikan
siswa kearah pembelajran dengan cara mengungkap pengetahuan dan pengalaman
siswa tentang cerita rakyat yang pernah didengar atau ditonton oleh siswa.
§ Bertanya
jawab latar tempat cerita itu berlangsung kenudian dihubungkan dengan
lingkungan alam dan buatan.
§ Menyayikan
lagu berjudul Desaku yang Ku Cintai.
§ Membgankitkan
minat siswa dengan kegiatan lokomotorik.
|
Klasikal
|
20
Menit
|
|
B.
|
Inti
§ Beberapa
siswa diminta menceritakan kembali ringkasan cerita rakyat yang pernah
didengar.
§ Mendengarkan
cerita rakyat berjudul Si Kluntung yang dibacakan oleh guru.
§ Siswa
menyebutkan tokoh cerita dan sifatnya.
§ Siswa
menjawab dan membuat pertanyaan tentang isi cerita.
§ Menjawab
dan membuat pertanyaan tentang isi cerita dengan memperhatikan penggunaan
ejaan, tanda baca dan huruf kapital.
§ Tanya
jawab tentang latar cerita yang didengar.
§ Siswa
ditugaskan menyusun daftar lingkungan alam dan buatan.
§ Siswa
dapat menceritakan pengalamnya berdasarkan lingkungan alam dan buatan.
|
Individual
Klasikal
Kelompok
Klasikal
Individual
|
155
Menit
|
|
C.
|
Penutup
§ Melakukan
refleksi dengan menanyakan kapada siswa bagaimana pembalajaran hari ini, apa
yang didapatkan pada saat pembalajaran hari ini.
§ Melakukan
umpan balik dengan memberikan pujian dan memperingatkan agar belajar dengan
sunguh-sunguh.
§ Dengan
adanya pembelajaran ini guru berharap agar siswa dapat lebih menjaga
lingkungannya, baik alami dan buatan.
§ Pemberian
tugas.
|
Klasikal
|
35
Menit
|
|
IX.
Penilaian
1.
Teknis teks : Lisan dan Perbuatan
2.
Prosedur teks : Proses dan Post test
3.
Bentuk : Uraian dan Pengamatan
4.
Instrumen :
A.
Lembar Pengamatan/
Perbuatan (Ketika proses pembalajaran berlangung)
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
Jumlah
Skor/ Nilai
|
||
Keberanian
|
Keaktifan
|
Kesesuian cerita
|
|||
10-30
|
10-30
|
10-40
|
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
B.
Soal
Indikator Pencapain Kompetensi
|
Jenis Tes
|
Bentuk Tes
|
Contoh
Intrumen Soal
|
Kunci
jawaban
|
§ Menyebutkan
tokoh-tokoh cerita.
§ Menjelaskan
sifat-sifat tentang isi cerita.
§ Menceritakan
kembali pengalaman yang pernah dialami.
|
Lisan
Perbuatan
|
Jawaban
singkat
|
1.
Siapa saja pelaku
dalam cerita Si Kluntung?
2.
Bagaimana sifat si
Kluntung?
3.
Bagaimana sifat Ibu
Kluntung?
4.
Bagaimana sifat dua
bidadari?
5.
Mengapa dinamakan si
kluntung?
6.
Apa pekerjaan ibu si
kluntung?
7.
Mengapa ibu si
Kluntung?
8.
Mengapa ibu si
kluntung terkejut?
9.
Coba ceritakan
kembali cerita si kluntung!
10.
Coba ceritakan
pengalaman kalian pada saat berada di lingkungan kalian?
11.
Bagaimana pendapatmu
tentang cerita yang disampaikan oleh temanmu?
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
|
X.
ALAT DAN SUMBER
Alat
dan Sumber Belajar
·
Buku Bahasa Indonesia
Kelas III
·
Gambar Lingkungan
Buatan dan alami
·
Lingkungan Sekitar
Mengetahui Indramayu,……………………….
Kepala Sekolah Guru Kelas III
NIP. NIP.
Lampiran:
Dengarkan cerita yang akan di
bacakan oleh gurumu di bawah ini:
Si Kluntung
Di sebuah desa di tepi
hutan tinggallah seorang ibu dan anaknya yang bernama si Kluntung. Dinamakan
Kluntung karena ia tidak mempunyai kaki dan tangan. Ia berjalan dengan
mengguling-gulingkan tubuhnya seperti periuk. Setiap hari ibunya bekerja keras
mengerjakan sawah tetangganya yang jauh dari desa tempat tinggalnya. Ibunya bekerja
untuk menghidupi si Kluntung. Sebenarnya dalam hatinya, Kluntung merasa kasihan
kepada ibunya yang bekerja keras setiap hari. Namun, apa mau dikata, ia
hanyalah seorang anak yang cacat.
Suatu hari ketika ibu
itu sedang istirahat karena kelelahan, ia pun berucap, “Seandainya aku
mempunyai anak yang tidak cacat, pasti aku tidak akan selelah ini karena ia
dapat membantuku bekerja di sawah.” Tanpa disadarinya, Kluntung mendengar
ucapan itu. Ia
amat sedih karena keadaan dirinya.
Keesokan harinya ketika ibunya akan berangkat ke pasar untuk berbelanja, dengan
susah payah Kluntung mengambil cangkul dan mengguling-gulingkan badannya menuju
sawah. Ia membantu ibunya bekerja di sawah. Di lain tempat, ada dua orang gadis
yang mengamati Kluntung. Kedua gadis itu tak lain adalah bidadari yang iba melihat
niat baik Kluntung. Mereka membantu Kluntung sehingga dalam waktu sekejap
pekerjaan telah selesai.
Selanjutnya, kedua
gadis tersebut mendekati Kluntung dan memberikan kantung yang berisi sekeping
uang. Setelah itu, mereka menghilang Ibunya pun pulang dari pasar dan berangkat
ke sawah. Sesampai di sawah, ibunya terkejut karena sawahnya telah selesai
dikerjakan. Lebih terkejut lagi, yang mengerjakan sawahnya adalah si Kluntung.
Akhirnya, Kluntung pun diajak pulang ke rumah. Keesokan harinya, si Kluntung
memberikan sekeping
uang kepada ibunya untuk berbelanja.
Dalam hati si ibu berkata, “Dengan uang sekeping ini, aku dapat belanja apa?”
Di tengah kebingungannya itu, ia disapa oleh seorang penjual di pasar. “Ibu mau
berbelanja? Silakan ambil yang Ibu perlukan, jangan sungkan-sungkan!” kata
penjual di pasar itu. Ibu Kluntung pun kemudian mengambil semua keperluannya
dan membayar dengan sekeping uang itu. Ia heran, mengapa uang itu cukup untuk
berbelanja sebanyak itu dan masih ada kembaliannya lagi? Si ibu pun mengucapkan
terima kasih kepada penjual itu dan pulang ke rumahnya. Baru beberapa langkah
ia berjalan dan menoleh ke belakang, ternyata yang ada hanya hamparan sawah
yang luas. Sesampainya di rumah, ia menceritakan kepada si Kluntung akan
kejadian itu. Akan tetapi, Kluntung sendiri juga
tidak tahu.
Lingkungan Alam dan
Buatan
Lingkungan adalah segala sesuatu yang
ada disekitar kita. Lingkungan dapat dibedakan menjadi dua, yatu Lingkungan
alami dan lingkungan buatan.
1.
Lingkungan alam dalah
segala sesuatu yang ada di alam dan diciptakan oleh Tuhan. Ketampakan lingungan
alam di muka bumi berbeda-beda. Contoh: sungai, danau, laut, lembah, pantai,
laut, pegunungan, daratan tinggi dan daratan rendah serta gunumg.
2.
Lingkungan buatan
adalah segala sesuatu yang di buat oleh manusia dan bertujuan untuk memenuhi
kebutuhan hidup manusia. Contoh : waduk, lahan oertanian, tambak, perkebunan,
dan permukiman penduduk.
Lembar Kerja Siswa
Kerjakan secara
berkelompok
Tuliskan
Latar Tempat ( Lingkungan lami dan Butan ) yang ada pada cerita Si Kluntung
Lingukungan
Alami
|
Lingkungan
Buatan
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
Tuliskan
Lingkungan Alam dan Butan yang ada di lingkungan sekitar rumah dan sekolahmu
Lingukungan
Alami
|
Lingkungan
Buatan
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar