Minggu, 04 Januari 2015

KURIKULUM PKN DI SD

BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
Pendidikan Kewarganegaraan merupakan salah satu bidang kajian dan bidang studi dalam tatanan Undang-undang Sistem Pendidikan No. 20 tahun 2003 , yang memiliki fungsi dan peranan antara lain adalah sebagai pendidikan hukum, pendidikan politik dan pendidikan kewarganegaan sendiri. Pendidikan Kewarganegaraan itu sendiri sebagaimana telah diketahui sejak diberlakukannya melalui kurikulum sekolah tahun 1975 adalah Mata Pelajaran yang berdiri sendiri yang tujuan umumnya alah membentuk warga Negara yang baik.
Mata Pelajaran pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warganegara yang mampu memahami dan melaksanakan hak-hak kewajibannya untuk menjadi warganegara Indonesia yang cerdas, terampil, dan berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945.
Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, maka secara otomatis pola pikir masyarakat berkembang dalam setiap aspek. Hal ini sangat berbengaruh besar terutama dalam dunia pendidikan yang menuntut adanya inovasi baru dalam pendidikan kewarganegaraan serta keterkaitan dan aplikasi menjadi pembelajaran yang kreatif, produktif dan kolaboratif.
Perubahan yang terjadi pada kurikulum ini diharapkan dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan lebih baik lagi. Kurikulum yang diberlakukan sekarang yaitu kurikulum 2006 (KTSP), diharapkan dapat berjalan secara operasional, sehingga dapat memberikan kompetensi yang cukup bagi peserta didik untuk mengembangkan dirinya, namun tidak menyimpang dari peraturan dan norma-norma yang berlaku di masyarakat.
                           
B.     RUMUSAN MASALAH
1.      Apa pengertian kurikulum PKn itu?
2.      Bagaimana konsep dasar kurikulum di SD?
3.      Bagaimana standar kompetensi dan kompetensi dasar PKn di SD?

C.     TUJUAN DAN MANFAAT MAKALAH
a.       TUJUAN MAKALAH
1.      Dapat mengetahui pengertian kurikulum PKn.
2.      Dapat mengetahui konsep dasar kurikulum di SD.
3.      Dapat mengetahui standar kompetensi dan kompetensi dasar PKn di SD.
b.      MANFAAT MAKALAH
Dengan mempelajari makalah ini diharapkan     pembaca dapat memperoleh informasi mengenai Kurikulum PKn di SD dengan demikian semoga mahasiswa akan dapat memahami lebih jauh akan pentingnya krikulum terhadap mata pelajaran kewarganegaraan (PKn).












BAB II
PEMBAHASAN

A.    PENGERTIAN KURIKULUM PKN
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (Purwodarminto), kurikulum diartikan sebagai susunan matapelajaran. Kurikulum mengandung 4 dimensi yang saling berhubungan (Fathurrohman dan Wuri Wuryandani, 2011), yakni:
1.      Kurikulum sebagai ide.
2.      Kurikulum sebagai rencana tertulis
3.      Kurikulum sebagai kegiatan
4.      Kurikulum sebagai hasil belajar
Kurikulum sebagai kegiatan merupakan hasil terjemahan Guru  di lapangan berdasarkan kurikulum sebagai ide atau sebagai rencana tertulis. Jadi faktor kemampuan, pengalaman, kemauan dan sarana sekolah menentukan hasilnya apakah sama dengan ide dan rencana tertulis atau dapat juga jauh berbeda hasilnya.
Kurikulum PKn adalah acuan untuk mewujudkan tujuan pembelajaran pendidikan Kewarganegeraan  yang merangsang siswa untuk memiliki kecakapan berfikir secara kritis, rasional dan Kreatif di samping itu untuk meningkatkan partisipasi aktif dan rasa bertanggung jawab serta membiasakan bertindak cerdas dalam kegiatan masyarakat dalam menanggapi isu-isu kewarganegaraan.
Sementara itu ditetapkan pula bahwa ”Kedalaman muatan kurikulum pada setiap mata pelajaran pada setiap satuan pendidikan dituangkan dalam kompetensi yang harus dikuasai peserta didik sesuai dengan beban belajar yang tercantum dalam struktur kurikulum. Kompetensi yang dimaksud terdiri atas standar kompetensi dan kompetensi dasar yang dikembangkan berdasarkan standar kompetensi lulusan. Muatan lokal dan kegiatan pengembangan diri merupakan bagian integral dari struktur kurikulum pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.”

B.     KONSEP DASAR KURIKULUM DI SD
Pendidikan terjadi ketika ada interaksi antara pendidik dan perserta didik. Dalam lingkungan keluarga interaksi antara ayah dan anak merupakan proses dalam pendidikan. Interaksi pendidikan antara orang tua dengan anaknya sering tidak disadari. Dalam kehidupan keluarga interaksi pendidikan dapat terjadi setiap saat, setiap kali orang tua bertemu, berdialog dan bergaul dengan anak-anaknya. Yang menjadi pendidik di lingkungan keluarga adalah Orang tua, karena statusnya sebagai ayah dan ibu. Sehingga pendidikan dalam keluarga lebih di kenal denghan pendidikan informal.
Sedangkan Pendidikan dalam lingkungan sekolah lebih bersifat formal. Proses dalam pendidikan sekolah melalui perencanaan yang tersusun secara sistematis. Guru sebagai pendidik merancang sedemikian rupa kompetensi yang dihasilkan oleh siswa. Setiap praktik pendidikan diarahkan kepada pencapaian tujuan tertentu, apakah berkaiatan dengan penguasaaan pengetahuan, pengembangan pribadi, kemampuan sosial, atauapun kemampuan bekerja.
Kurikulum menurut pandangan lama mempunyai makna kumpulan mata-mata pelajaran yang harus disampaikan guru atau di pelajari oleh siswa. Pengertian ini sudah ada sejak zaman yunani dan masih ada sebagian yang berpandangan seperti ini sampai sekarang.
Pendapat yang muncul selanjutnya adalah kurikulum tidak hanya berdasarkan isi, tapi lebih menekankan kepada pengalaman belajar. Menurut Ronald C.Doll (dalam Nana Syaodih Sukmadinata, 2005: 4), kurikulum tidak hanya berupa penekanan dari isi kepada proses, tetapi menunjukkan adanya paerubahan lingkup, dari konsep yang sangat sempit kepada konsep yang lebih luas. Sehingga pengalaman siswa merupakan konsep yang lebih luas. Pengalaman dapat berlangsung di sekolahan, rumah atapun di masyarakat, baik bersama guru ataupun tanpa guru.
Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warganegara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warganegara Indonesia yang cerdas, terampil, dan berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945.
Mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
·        Berpikir secara kritis, rasional, dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan.
·        Berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab, dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta anti-korupsi.
·        Berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan karakter-karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup bersama dengan bangsa-bangsa lainnya.
·        Berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain dalam percaturan dunia secara langsung atau tidak langsung dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

1.      Ruang lingkup PKN di SD-MI 
Dalam BSNP, ruang lingkup mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
a.       Persatuan dan Kesatuan bangsa, meliputi: Hidup rukun dalam perbedaan, Cinta lingkungan, Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia, Sumpah Pemuda, Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Partisipasi dalam pembelaan negara, Sikap positif terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia, Keterbukaan dan jaminan keadilan. 
b.      Norma, hukum dan peraturan, meliputi: Tertib dalam kehidupan keluarga, Tata tertib di sekolah, Norma yang berlaku di masyarakat, Peraturan-peraturan daerah, Norma-norma dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Sistim hukum dan peradilan nasional, Hukum dan peradilan internasional.
c.       Hak asasi manusia meliputi: Hak dan kewajiban anak, Hak dan kewajiban anggota masyarakat, Instrumen nasional dan internasional HAM, Pemajuan, penghormatan dan perlindungan HAM. 
d.      Kebutuhan warga negara meliputi: Hidup gotong royong, Harga diri sebagai warga masyarakat, Kebebasan berorganisasi, Kemerdekaan mengeluarkan pendapat, Menghargai keputusan bersama, Prestasi diri, Persamaan kedudukan warga negara. 
e.       Konstitusi Negara meliputi: Proklamasi kemerdekaan dan konstitusi yang pertama, Konstitusi-konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia, Hubungan dasar negara dengan konstitusi. 
f.       Kekuasan dan Politik, meliputi: Pemerintahan desa dan kecamatan, Pemerintahan daerah dan otonomi, Pemerintah pusat, Demokrasi dan sistem politik, Budaya politik, Budaya demokrasi menuju masyarakat madani, Sistem pemerintahan, Pers dalam masyarakat demokrasi.
g.      Pancasila meliputi: kedudukan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara, Proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara, Pengamalan nilai nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, Pancasila sebagai ideologi terbuka. 
h.      Globalisasi meliputi: Globalisasi di lingkungannya, Politik luar negeri Indonesia di era globalisasi, Dampak globalisasi, Hubungan internasional dan organisasi internasional, dan Mengevaluasi globalisasi. 
2.      Prinsip Penyajian Kurikulum PKn di SD
Prinsip penyajian dalam PKn menurut Abdul Aziz Wahab (2002: 28) ada empat yaitu sebagai berikut:
a.       Dari mudah ke sukar 
Prinsip ini digunakan dalam pengajaran khususnya dalam pendidikan nilai, moral, dan teori-teori pendidikan. Untuk memahami hal-hal yang bersifat sukar dimulai dari yang bersifat mudah. Apabila di lihat dari prinsip perkembangan anak, prinsip ini memang sangat tepat untuk siswa SD.
b.      Dari sederhana ke rumit 
Prinsip ini pada dasarnya adalah konsep atau nilai dan moral yang berkenaan dengan pengamalan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-haari. Jadi konsep atau nilai dan moral temasuk dalam hal ketrampilan (skill) mulai dari yang sederhana ke yang rumit.
Melalui pembiasaan, latihan atau keteladanan yang di mulai sejak kecil, akan terbiasa dengan hal-hal yang baik yang sifatnya masih sederhana, kemudian ditingkatkan secara bertahap ke hal-hal yang sifatnya lebih sukar. Kematangan usia juga sangat memiliki peran dalam kaitannya dengan fase-fase perkembangan. Siswa SD mudah menangkap dari hasil pengamatan.
c.       Dari yang bersifat kongkrit ke Abstrak 
Siswa SD pada prinsipnya lebih mudah menaangkap hal-hal yang sifatnya kongkrit dari pada yang sifatnya abstrak. Guru dapat memberikan contoh-contoh sederhana yang dapat di tiru oleh siswa. Media sangat di perlukan untuk mengkongkritkan sesuatu hal yang di rasa sangat di perlukan guna mempermudah pemahaman siswa.
d.      Dari lingkungan paling dekat ke lingkungan lebih luas 
Lingkungan pendidikan yang pertama dan utama bagi anak adalah lingkunga keluarga. Dalam keluarga anak lebih banyak melakukan interaksi. Namun apakah lingkungan keluarga menjadi lingkungan pertama dan utama dalam memperoleh pendidikan.
Anak dibesarkan dalam keluarga yang pada dasarnya dilakukan oleh orang tua sebagai wujud tanggungjawab. Hal itu sebagai wujud alamiah yang didasari oleh rasa kasih sayang orang tua kepada anaknya. Sehingga apabila orang tua melakukan dengan tanggung jawab, maka hal itu sebagai suri tauladan bagi anaknya. Demikian juga sebaliknya apabila orang tua tidak mempedulikan anaknya dengan tidak memberikan kasih sayang maka yang terjadi adalah sikap tidak tanggung jawab. Proses ini akan memberikan gambaran kepada anaka bahwasannya ada aturan-aturan atau norma-norma yang harus dipatuhi dalam bergaul atau berinteraksi dengan orang lain.

3.      Pengembangan Kurikulum Pkn di SD
Standar kompetensi dan kompetensi  dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan  pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
Pengembangan kurikulum dilakukan oleh sekolah dan komite sekolah  didasarkan pada prinsip-prinsip sesuai dengan Permendiknas No 22 Tahun 2006 yaitu:
a.       Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan dan kepentingan  peserta didik dan lingkungannya.  Peserta didik memiliki posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggungjawab. Pengembangan kompetensi disesuaikan dengan potensi, perkembangan, kebutuhan dan kepentingan peserta didik serta tuntutan lingkungan.
b.      Beragam dan terpadu.  Pengembangan kurikulum perlu memperhatikan keragaman karakteristik peserta didik, kondisi daerah, jenjang dan jenis pendidikan tanpa membedakan agama, suku, budaya dan adat istiadat serta status social ekonomi dan gender. Kurikulum meliputi  substansi komonen muatan wajib kurikulum, muatan local dan pengembangan diri secara terpadu serta disusun dalam keterkaitan dan kesinambungan yang bermakna dan tepat antar substansi.
c.       Tanggap terhadap perkembangan  ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.  Pengembangan kurikulum didasarkan atas kesadaran bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi  dan seni berkembang secara dinamis sehingga semangat dan isi kurikulum akan mendorong peserta didik untuk mengikuti dan memanfaatkan secara tepat perkembangan iptek dan seni.
d.      Relevan dengan kebutuhan kehidupan. Pengembangan kurikulum melibatkan seluruh stake holder untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan kehidupan kemasyarakatan, dunia usaha dan dunia kerja. Oleh karena itu pengembangan ketrampilan pribadi, ketrampilan berpikir, ketrampilan social, ketrampilan akademik dan ketrampilan vokasional merupakan suatu keniscayaan.
e.       Menyeluruh dan berkesinambungan. Pengembangan kurikulum disesuaikan  dengan subtansi  yang mencakup keseluruhan dimensi kompetensi, bidang kajian keilmuan serta mata pelajaran yang direncanakan dan disajikan secara berkesinambungan antar semua jenjang  pendidikan.
f.       Belajar sepanjang hayat. Pengembangan kurikulum diarahkan pada proses pengembangan, pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik yang berlangsung sepanjang hayat. Kurikulum mencerminkan keterkaitan antara unsure pendidikan formal, non formal dan in formal dengan memperhatikan kondisi dan tuntutan lingkungan yang selalu berkembang menuju manusia seutuhnya.
g.      Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah. Pengembangan kurikulum memperhatikan kepentingan nasional dan daerah  untuk membangun kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Kepentingan  nasional  dan daerah  harus saling mengisi dan saling memberdayakan sejalan dengan motto Bhinneka Tunggal Ika dalam kerangka Negara Kesatuan RI.

C.     STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR PKn DI SD
Dalam rangka mengimplementasikan pogram pembelajaran yang sudah dituangkan di dalam silabus, guru harus menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP merupakan pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium, dan/atau lapangan untuk setiap Kompetensi dasar. Oleh karena itu, apa yang tertuang di dalam RPP memuat hal-hal yang langsung berkait dengan aktivitas pembelajaran dalam upaya pencapaian penguasaan suatu Kompetensi Dasar. 
Dalam menyusun RPP guru harus mencantumkan Standar Kompetensi yang memayungi  Kompetensi Dasar yang akan disusun dalam RPP-nya. Di dalam RPP secara rinci harus dimuat Tujuan Pembelajaran, Materi Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Langkah-langkah Kegiatan pembelajaran, Sumber Belajar, dan Penilaian.
Standar Kompetensi adalah kualifikasi kemampuan peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada mata pelajaran tertentu. Standar kompetensi diambil dari Standar Isi (Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar). Sebelum menuliskan Standar Kompetensi, penyusun terlebih dahulu mengkaji Standar Isi mata pelajaran dengan memperhatikan hal-hal berikut :
a.       Urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau SK dan KD.
b.      Keterkaitan antar standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran.
c.       Keterkaitan standar kompetensi dan kompetensi dasar antar mata pelajaran.
Kompetensi Dasar merupakan sejumlah kemampuan minimal yang harus dimiliki peserta didik dalam rangka menguasai SK mata pelajaran tertentu. Kompetensi Dasar dipilih dari yang tercantum dalam Standar Isi. Sebelum menentukan atau memilih Kompetensi Dasar, penyusun terlebih dahulu mengkaji standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut :
a.       Urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau tingkat kesulitan Kompetensi Dasar.
b.      Keterkaitan antar standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran.
c.       Keterkaitan standar kompetensi dan kompetensi dasar antar mata pelajaran.
Tujuan Pembelajaran berisi  penguasaan kompetensi yang operasional yang ditargetkan/ dicapai dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dirumuskan dalam bentuk pernyataan yang operasional dari kompetensi dasar. Apabila rumusan kompetensi dasar sudah operasional, rumusan tersebutlah yang dijadikan dasar dalam merumuskan tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dapat terdiri atas sebuah tujuan atau beberapa tujuan.







Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas I, Semester 1
Stándar  Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.    Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan                                                                      
1.1   Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama dan suku bangsa
1.2   Memberikan contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah dan di sekolah
1.3.  Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah
2. Membiasakan tertib di rumah dan di sekolah            
2.1   Menjelaskan pentingnya tata tertib di rumah dan di sekolah
2.2  Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah

Kelas I, Semester 2
Stándar  Kompetensi
Kompetensi Dasar
3.    Menerapkan hak anak di rumah dan di sekolah                                                                      
3.1   Menjelaskan hak anak untuk bermain, belajar dengan gembira dan didengar pendapatnya
3.2   Melaksanakan hak anak di rumah dan di sekolah
4.  Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di sekolah            
4.1   Mengikuti  tata tertib di rumah dan di sekolah
4.2  Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat

Kelas II, Semester 1
Stándar  Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.    Membiasakan hidup bergotong royong                                                                      
1.1   Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong
1.2   Melaksanakan  hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong di rumah dan di sekolah
2. Menampilkan sikap cinta lingkungan            
2.1   Mengenal  pentingnya  lingkungan alam seperti dunia tumbuhan dan dunia hewan
2.2   Melaksanakan pemeliharaan lingkungan alam

Kelas II, Semester 2
Stándar  Kompetensi
Kompetensi Dasar
3.  Menampilkan sikap demokratis                                                                      
3.1   Mengenal kegiatan bermusyawarah
3.2   Menghargai suara terbanyak (mayoritas)
3.3.  Menampilkan sikap mau menerima kekalahan
4. Menampilkan nilai- nilai Pancasila
4.1.  Mengenal nilai kejujuran, kedisiplinan dan senang bekerja dalam kehidupan sehari-hari.
4.2.  Melaksanakan perilaku jujur, disiplin dan senang bekerja dalam kegiatan sehari-hari


Kelas III, Semester 1
Stándar  Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.    Mengamalkan makna sumpah pemuda                                                                      
1.1   Mengenal makna satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa
1.2   Mengamalkan nilai-nilai sumpah pemuda dalam kehidupan sehari hari
2. Melaksanakan norma yang berlaku di masyarakat            
2.1   Mengenal  aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar
2.2  Menyebutkan contoh aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar
2.3.  Melaksanakan aturan-aturan yang  berlaku di lingkungan masyarakat sekitar

Kelas III, Semester 2
Stándar  Kompetensi
Kompetensi Dasar
3.    Memiliki rasa harga diri sebagai individu                                                                      
3.1   Mengenal  pentingnya memiliki harga diri
3.2   Memberi contoh bentuk harga diri, seperti menghargai diri sendiri, mengakui kelebihan dan kekurangan diri sendiri dan lain lain.
3.3.  Menampilkan perilaku yang mencerminkan harga diri




Kelas IV, Semester 1
Stándar  Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.    Memahami sistem pemerintahan desa  dan pemerintah  kecamatan                                                                      
1.1   Mengenal lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan
1.2   Menggambarkan struktur organisasi desa dan pemerintah kecamatan
2. Memahami sistem pemerintahan kabupaten, kota, dan provinsi            
2.1   Mengenal lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan kabupaten, kota, dan provinsi
2.2   Menggambarkan struktur organisasi kabupaten, kota, dan provinsi

Kelas IV, Semester 2
Stándar  Kompetensi
Kompetensi Dasar
3.  Mengenal sistem pemerintahan tingkat pusat
3.1   Mengenal lembaga-lembaga negara dalam susunan pemerintahan tingkat pusat, seperti  MPR, DPR, Presiden, MA, MK dan BPK dll.
3.2   Menyebutkan organisasi pemerintahan tingkat pusat, seperti Presiden, Wakil Presiden dan para Menteri
4.  Menunjukkan sikap terhadap globalisasi di lingkungannya
4.1   Memberikan contoh sederhana pengaruh globalisasi di lingkungannya
4.2   Mengidentifikasi jenis budaya Indonesia yang pernah ditampilkan dalam misi kebudayaan internasional
4.3   Menentukan sikap terhadap pengaruh globalisasi yang terjadi di lingkungannya

Kelas V, Semester 1
Stándar  Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.     Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
1.1   Mendeskripsikan Negara Kesatuan Republik Indonesia
1.2   Menjelaskan pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia
1.3   Menunjukkan contoh-contoh perilaku dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia
2.     Memahami peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan  daerah
2.1   Menjelaskan pengertian dan pentingnya peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah
2.2    Memberikan contoh peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah, seperti  pajak, anti korupsi, lalu lintas, larangan merokok






Kelas V, Semester 2
Stándar  Kompetensi
Kompetensi Dasar
3.  Memahami kebebasan berorganisasi
3.1   Mendeskripsikan pengertian organisasi
3.2   Menyebutkan contoh organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat
3.3   Menampilkan peran serta dalam memilih organisasi di sekolah
4.  Menghargai keputusan bersama                             
4.1   Mengenal bentuk-bentuk keputusan bersama
4.2   Mematuhi keputusan bersama

Kelas VI, Semester 1
Stándar  Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.  Menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
1.1   Mendeskripsikan nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
1.2   Menceritakan secara singkat nilai kebersamaan dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
1.3 Meneladani nilai-nilai juang para tokoh yang berperan dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara dalam kehidupan sehari-hari
2. Memahami sistem pemerintahan Republik Indonesia
2.1 Menjelaskan proses Pemilu dan Pilkada
2.2 Mendeskripsikan lembaga-lembaga negara sesuai UUD 1945 hasil amandemen
2.3   Mendeskripsikan tugas dan fungsi pemerintahan pusat dan daerah

Kelas VI, Semester 2
Stándar  Kompetensi
Kompetensi Dasar
3.  Memahami peran Indonesia dalam lingkungan negara-negara di Asia Tenggara
3.1 Menjelaskan pengertian kerjasama negara-negara Asia Tenggara
3.2 Memberikan contoh peran Indonesia dalam lingkungan negara-negara di Asia Tenggara
4.  Memahami peranan politik luar negeri Indonesia dalam era globalisasi
4.1  Menjelaskan politik luar negeri Indonesia yang bebas dan aktif
4.2  Memberikan contoh peranan politik luar negeri Indonesia dalam percaturan internasional







BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN



















DAFTAR PUSTAKA

Nazhira. Mawar. 2012. Makalah Kajian Kurikulum PKn. http://mawarnazhira.blogspot.com/2012/11/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html. (20-03-2014/ 12:45).
_______________.2011. Makalah Pembelajaran PKn di SD. http://www.beritakaget.com/arsip/makalah-pembelajaran-pkn-di-sd.html. (20-03-2014/ 13:01)
Agus Chandra. 2011. Perangkat Pembelajaran Silabus RPP KKM & Promes. www. Aguschandra.com
Dasim Budimansyah. 2010. Penguatan Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun karakter Bangsa. Widya Aksara Press. Bandung
Fathurrohman dan Wyei Wuryandari. 2010. Pembelajaran PKn di Sekolah  Dasar.  Nuha Litera. Yogyakarta.
Syarifuddin. 2011. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Program Studi PGSD. UMC. Cirebon.
Winataputra. 2001. Jatidiri Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Wahana Pendidikan Demokrasi. Disertasi Sps UPI.

1 komentar: