Senin, 09 Februari 2015

Kegunaan Sosiologi dan Antropologi Pendidikan

KEGUNAAN DARI ANTROPOLOGI PENDIDIKAN

A.    Pengertian Antropologi Pendidikan
Antropologi pendidikan adalah ilmu pengetahuan yang berusaha memahami dan memecahkan masalah-masalah pendidikan dengan analisis berdasarkan konsep-konsep dan pendekatan Antropologi.

B.     Sosiologi dan Antropologi Pendidikan
Objek kajian sosiologi adalah masyarakat, dan kita juga tahu masyarakat sudah pasti berkebudayaan, namun perlu diingat antara masyarakat dan kebudayaan tidak sama, tetapi berhubungan erat. Dalam hal ini masyarakat menjadi kajian pokok sosiologi dan kebudayaan menjadi kajian pokok antropologi. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa masyarakat lebih mendasar dan merupakan tanah dimana kebudayaan itu berpijak.
Manfaat dari sosio-antropologi pendidikan antara lain adalah agar kita :
1.    Dapat melihat dengan jelas siapa diri kita, baik sebagai pribadi maupun anggota kelompok atau masyarakat.
2.    Mampu mengkaji tempat kita dalam masyarakat dan dapat melihat dunia atau budaya lain yang belum kita ketahui sebelumnya.
3.    Semakin memahami norma, tradisi, keyakinan, dan nilai-nilai yang dianut oleh masyarakat lain.
4.    Lebih tanggap, kritis dan rasional menghadapi gejala sosial masyarakat yang makin kompleks.
5.    Antropologi menyusun etnografi-etnografi yang memungkinkan penciptaan teori-teori tentang asal-usul agama dan kepercayaan, asal mula keluarga dan perkawinan, asal-usul dan perilaku negara, dan sebagainya.
6.     Dengan bantuan ilmu antropologi, maka terbukalah cakrawala pengetahuan baru bahwa segalanya berubah dan runtutan awalnya akan berujung bukan dari kekuatan ilahiah tapi kekuatan manusia.
Dengan mempelajari metode pendidikan kebudayaan maka antropologi bermanfaat bagi pendidikan. Dimana para pendidik harus melakukan secara hati-hati. Hal ini disebabkan karena kebudayaan yang ada dan berkembang dalam masyarakat bersifat unik, sukar untuk dibandingkan sehingga harus ada perbandingan baru yang bersifat tentatif. Setiap penyelidikan yang dilakukan oleh para ilmuwan akan memberikan sumbangan yang berharga dan mempengaruhi pendidikan.
Manfaat adanya Antropologi Pendidikan Bagi Peserta Didik, yaitu :
1.      Agar siswa mempunyai dasar pengetahuan untuk bekal sebagai anggota masyarakat sesuai dengan bakat dan minat.
2.      Menggali kekayaan bangsa yang dapat memperkuat keyakinan.
3.      Menimbulkan rasa kasih sayang untuk bersama-sama menghim pun kekuatan seluruh bangsa Indonesia.
Manfaat mempelajari Antropologi :
a.         Antropologi budaya banyak memberikan bahan-bahan, pandangan, teori, pendapat sehingga dapat secara metodis menghadapi segala gejala yang timbul dalam masyarakat yang terus berkembang.
b.         Antropologi budaya memberikan pengetahuan tentang perkembangannya baik sebagai ilmu dan penerapannya dalam penelitian dari segi kehidupan manusia.
c.         Antropologi dapat mengarahkan pembangaunan bangsa dan negara secara baik.

C.    Fungsi Sosiologi dan Antropologi Pendidikan
Sosiologi dapat berfungsi sebagai ilmu murni dan ilmu terapan, misalnya dalam ilmu murni meneliti tentang budaya mencontek ketika ujian dan jika dalam ilmu terapan akan mengkaji bagaimana cara mencegah siswa mencontek saat ujian. Sosiologi sangat dibutuhkan dalam masyarakat, baik sebagai peneliti, teknisi, konsultan, maupun sebagai pendidik.
Antropologi di dalam masyarakat berperan sebagai peneliti tentang keanekaragaman masyarakat. Suku bangsa yang dapat digunakan untuk ilmu itu sendiri (pengembangan metode ilmiah), juga sebagai dasar untuk mengambil kebijakan pembangunan yang dapat memecahkan masalah-masalah social di dalam masyarakat. Para antropolog bersama-sama dengan sosiolog dapat membantu memecahkan masalah social budaya dan merencanakan pembangunan social. Para antropolog dapat menjalin hubungan dengan para ahli dari ilmu-ilmu lain untuk mengembangkan metode penelitian yang intensif dan mendalam tentang beragam kebudayaan yang jumlahnya ribuan di dunia.
Antropologi dan sosiologi dapat membantu memecahkan masalah-masalah social budaya dan perencanaan pembangunan seperti masalah tenaga kerja anak-anak.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar