RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SD Negeri Karangampel Kidul IV
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas : IV (Empat)
Semester : 2 (Dua)
Alokasi Waktu : 1 x 25 Menit
A.
Standar Kompetensi
3.1 Mengenal
sistem pemerintahan tingkat pusat.
B.
Kompetensi Dasar
3.2 Menyebutkan organisasi pemerintahan
tingkat pusat, seperti presiden, wakil presiden, dan para menteri.
C.
Indikator Pembelajaran
Ø
Siswa
Dapat memahami fungsi, wewenang,
kewajiban dan hak-hak sebagai presiden dan wakil presiden.
D.
Tujuan Pembelajaran
Ø Setelah mendengarkan penjelasan dari guru
siswa dapat memahami tugas, fungsi, wewenang, kewajiban dan hak-hak sebagai presiden
dan wakil presiden yang ada di Indonesia dengan benar.
v Karakter yang diharapkan : Dapat dipercaya, Rasa Hormat dan Perhatian, Tekun , Tanggung jawab, Berani Peduli Jujur dan
Cinta Tanah Air.
E.
Materi Ajar
Ø
Organisasi Pemerintahan Pusat
F.
Alokasi Waktu
1 x 25 Menit
G.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Ø
Metode
a. Metode Ceramah
b. Metode Diskusi
c. Metode Tanya Jawab
d. Metode Demonstrasi
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pendahuluan
Ø
Menyiapkan
kondisi peserta didik
Ø
Apersepsi : Mengaitkan pembelajaran dengan menggunakan media gambar-gambar.
2. Inti
&
Eksplorasi
Ø
Siswa
bersama-sama mendengarkan penjelasan materi
mengenai presiden dan wakil presiden.
& Elaborasi
Ø Siswa membiasakan diri untuk membaca dan
menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna.
Ø Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mengerjakan tugas melalui diskusi untuk memunculkan gagasan baru baik secara
lisan maupun tertulis.
Ø Siswa diberi kesempatan
untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut.
Ø Siswa berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar.
Ø Siswa mengungkapkan hasil kerja
individual maupun kelompok.
& Konfirmasi
Ø Siswa bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa .
Ø Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan.
3.
Penutup
Ø Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat
kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
Ø Siswa diberi pekerjaan rumah hal. 25 di LKS.
I.
Alat dan Sumber
Ø Buku paket (Buku Pendidikan
Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan Narasumber umum).
Ø Lembar Kerja Siswa (LKS)
Ø Gambar-gambar Presiden dan Wakil Presiden.
J.
Penilaian
a.
Kognitif ( Tes dan Non Tes
(Lisan))
Indikator Pencapaian
|
Bentuk Tes
|
Contoh Instrumen soal
|
Kunci Jawaban
|
Memahami Organisasi Pemerintahan Pusat
(Presiden dan Wakil Presiden).
|
§ Tugas individu
§ Tugas kelom-pok
|
Ø Tugas Individu
1.
Jelaskan pengertian presiden
menurut pendapatmu?
2.
Sebutkan tugas utama presiden
dan wakil presiden!
3.
Sebutkan hak-hak istimewa
yang dimiliki presiden!
4.
Siapakah yang berhak
mengangkat dan memberhentikan presiden dan wakil presiden?
5.
Sebutkan 6 Presiden yang
pernah menjabat di Indonesia.
Ø Tugas Kelompok
Menempelkan
foto-foto preisden berdasarkan urutannya.
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
b.
Afektif
No
|
Nama
Siswa
|
Saling Menghormati
|
Disiplin
|
|||||
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
||||||||
2
|
||||||||
3
|
||||||||
4.dst
|
Ket:
1.
Saling Menghormati ( Guru dan
Siswa)
Skor 3 = Jika 2 komponen muncul dalam
pembelajaran.
Skor 2 = Jika 1 komponen muncul dalam
pembelajaran.
Skor 1 = Jika tidak ada komponen
muncul dalam pembelajaran.
2.
Disiplin ( Kesesuaian
berpakaian, Tepat Waktu, Disiplin dalam pembelajaran)
Skor 4 = Jika 3 komponen muncul dalam
pembelajaran.
Skor 3 = Jika 2 komponen muncul dalam
pembelajaran.
Skor 2 = Jika 1 komponen muncul dalam
pembelajaran.
Skor 1 = Jika tidak ada komponen muncul
dalam pembelajaran.
c.
Psikomotorik
No
|
Nama Siswa
|
Keberanian
|
Keaktifan
|
Kerjasama
|
|||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
|||||||||||
2
|
|||||||||||
3
|
|||||||||||
4.dst.
|
Ket:
1.
Keberanian ( Bertanya, tampil
di depan kelas, bertanggung jawab)
Skor
4 = Jika 3 komponen muncul dalam pembelajaran.
Skor
3 = Jika 2 komponen muncul dalam pembelajaran.
Skor
2 = Jika 1 komponen muncul dalam pembelajaran.
Skor
1 = Jika tidak ada komponen muncul dalam pembelajaran.
2.
Keaktifan ( Dalam kelompok,
individu)
Skor
3 = Jika 2 komponen muncul dalam pembelajaran.
Skor
2 = Jika 1 komponen muncul dalam pembelajaran.
Skor
1 = Jika tidak ada komponen muncul dalam pembelajaran.
3.
Kerjasama ( Kekompakan,
Keselarasan)
Skor
3 = Jika 2 komponen muncul dalam pembelajaran.
Skor
2 = Jika 1 komponen muncul dalam pembelajaran.
Skor
1 = Jika tidak ada komponen muncul dalam pembelajaran
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala SDN Karangampel Kidul IV
DIDI ROHADI, S.Pd.
NIP.
|
Karangampel, 10 Juni 2014
Guru Kelas IV
GHIAN VELINA ROHADI
NIP.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar