Senin, 09 Februari 2015

RPP MODEL CONNECTED


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah                   : SD Negeri Karangampel Kidul IV
Tema                                  : Saling Katergantungan Antara Makhluk Hidup dengan
                                             Lingkungannya
Kelas / Semester                : IV (Empat) / 1 (Satu)
Alokasi Waktu                   : 6 x 35 Menit

1.    STANDAR KOMPETENSI
o  Memahami Hubungan antara makhluk hidup dan antara makhluk hidup dengan ligkungannya.

2.    KOMPETENSI DASAR
o  Mengidentifikasi beberapa jenis hubungan khas (simbiosis) dan hubungan “ makan dan dimakan” antar makhluk hidup ( rantai makanan).
o  Mendeskripikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya.

3.    INDIKATOR
o  Siswa dapat menjelaskan jenis-jenis hubungan antara makhluk hidup.
o  Siswa dapat menjelaskan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya.
o  Siswa dapat menjelaskan akibat perubahan lingkungan terhadap makhluk hidup.

4.    TUJUAN PEMBELAJARAN
o  Setelah mendengar penjelasan dari guru siswa dapat mengklasifikasikan jenis-jenis hubungan makhluk hidup di lingkungan sekitar dengan tepat.
o  Setelah mengamati siswa dapat mengklasifikasikan 2 jenis ekosistem yang ada di lingkungan sekitar dengan tepat.
o  Dengan mengamati pembelajaran di kelas siswa dapat menjelaskan rantai makanan serta jarring-jaring makanan dengan tepat.
o  Setelah memahami hubungan antar makhluk hidup siswa dapat mengetahui akibat perubahan lingkungan terhadap makluk hidup yang ada di lingkungan sekitar dengan tepat.

5.    METODE PEMBELAJARAN
o  Metode Ceramah
o  Metode Diskusi
o  Metode Bermain Peran
o  Metode Tanya Jawab

6.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
A.    Pendahuluan
o  Guru mengucapkan salam kepada seluruh siswa dan menanyakan pada murid apakah seluruh siswa siap untuk belajar.
o  Guru menghubungkan materi pelajaran dengan keadaan lingkungan di sekitarnya.
o  Setelah guru mengkaitkan pelajaran guru menjelaskan bahwa semua yang tadi diceritakan ada hubungannya dengan materi yang akan dibahas kali ini yaitu Saling ketergantungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya.
B.     Inti
o  Guru menjelaskan tentang jenis-jenis hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya beserta dengan contoh-contohnya.
o  Guru melanjutkan materi yang akan selanjutnya di bahas
o  Guru menjelaskan beberapa jenis ekosistem, rantai makanan dan jaring-jaring makanan.
o  Siswa dapat mencontohkan jenis ekosistem, rantai makanan dan jarring-jaring berdasarkan petuntuk guru.
o  Siswa di tunjuk oleh guru untuk memainkan peran tentang rantai makanan.
o  Guru menjelaskan akibat perubahan lingkungan berdasarkan bermain peran yang sedang di lakukan.
o  Guru memberikan tepuk tangan kepada siswa yang maju kedepan karena berani tampil di depan kelas.
C.     Penutup
o  Guru mengulang kembali materi yang telah disampaikan kepada siswa.
o  Guru memberikan pekerjaan rumah yang berkaitan dengan materi.
o  Guru mengakhiri pelajaran dengan mengucapkan “Pelajaran hari ini cukup sekian, dan jangan lupa di rumah di pelajari kembali”.

7.    Alat dan Sumber Pembelajran
o  Bahan Ajar Kelas IV / Semester 1
o  Buku Panduan mengajar
o  Gambar-gambar
o  Lingkungan sekitar

8.    Penilaian
o   Kognitif ( Tes dan Non Tes (Lisan))
Indikator Pencapaian
Bentuk Tes
Contoh Instrumen soal
Kunci Jawaban
o  Menyebutkan jenis-jenis simbiosis beserta contohnya.
o  Menyebutkan macam-macam ekosistem beserta contohnya.
o  Menjelaskan rantai makanan beserta contonya.
Jawaban Singkat
1.   Jelaskan simbiosis Parasitisme  dan sebutkan contohnya!
2.   Jelaskan apa yang dimaksud dengan ekosistem alami dan berikan contohnya!
3.   Sebutkan beberapa contoh ekosistem buatan!
4.   Apa yang di maksud dengan rantai makanan? dan berikan contonya!
5.   Golongan hewan apa yang menjadi konsumen tingkat pertama? Jelaskan jawabanmu!
1.

2.


3.

4.


5.

o   Afektif
No
Nama Siswa
Saling Menghormati
Disiplin
3
2
1
4
3
2
1
1.
Anis Mar’atus S
ü  


ü   



2
Mahmud Rifa’i

ü   

ü   



3
Handi Priyanto


ü  

ü   


4
Nanda Candraino

ü   



ü   


Ket:
1.      Saling Menghormati ( Guru dan Siswa)
Skor 3 = Jika 2 komponen muncul dalam pembelajaran.
Skor 2 = Jika 1 komponen muncul dalam pembelajaran.
Skor 1 = Jika tidak ada komponen muncul dalam pembelajaran.
2.      Disiplin ( Kesesuaian berpakaian, Tepat Waktu, Disiplin dalam pembelajaran)
Skor 4 = Jika 3 komponen muncul dalam pembelajaran.
Skor 3 = Jika 2 komponen muncul dalam pembelajaran.
Skor 2 = Jika 1 komponen muncul dalam pembelajaran.
Skor 1 = Jika tidak ada komponen muncul dalam pembelajaran.

o   Psikomotorik

No
Nama Siswa
Keberanian
Keaktifan
Kerjasama
4
3
2
1
3
2
1
3
2
1
1
Anis Mar’atus S
ü    




ü  



ü  

2
Mahmud Rifa’i

ü  




ü  

ü  

3
Handi Priyanto


ü  


ü  



ü  
4
Nanda Candraino


ü  


ü  

ü  



1.      Keberanian ( Bertanya, tampil di depan kelas, bertanggung jawab)
Skor 4 = Jika 3 komponen muncul dalam pembelajaran.
Skor 3 = Jika 2 komponen muncul dalam pembelajaran.
Skor 2 = Jika 1 komponen muncul dalam pembelajaran.
Skor 1 = Jika tidak ada komponen muncul dalam pembelajaran.
2.      Keaktifan ( Dalam kelompok, individu)
Skor 3 = Jika 2 komponen muncul dalam pembelajaran.
Skor 2 = Jika 1 komponen muncul dalam pembelajaran.
Skor 1 = Jika tidak ada komponen muncul dalam pembelajaran.
3.      Kerjasama ( Kekompakan, Keselarasan)
Skor 3 = Jika 2 komponen muncul dalam pembelajaran.
Skor 2 = Jika 1 komponen muncul dalam pembelajaran.
Skor 1 = Jika tidak ada komponen muncul dalam pembelajaran.




Mengetahui,                                                                Indramayu, 14 Mei 2013
Kepala Sekolah                                                           Guru Kelas IV


DIDI ROHADI, S.Pd                                                 INDRI NURMAYANI
NIP.                                                                            NIP. 

3 komentar: